Selasa, 23 Juni 2015

JOMBANG KOTA BERIMAN



Jombang adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa timur. Berasal dari kata ijo dan abang. Ijo mewakili kaum santri (agamis), dan abang mewakili kaum abangan (nasionalis / kejawen).
Jombang  juga dikenal sebagai kota santri karena banyaknya sekolah pendidikan islam (Pondok Pesantren).
Bahkan banyak publik yang mengatakan Jombang adalah pusat pondok pesantren di tanah Jawa karena hampir seluruh pendiri pesantren di Jawa pasti pernah berguru di Jombang. Pondok Pesantren di Jombang diantaranya yaitu Darul Ulum, Tebuireng, Tambak beras, dsb. 
Banyak tokoh terkenal Indonesia yang dilahirkan di Jombang, di antaranya adalah mantan Presiden Indonesia yaitu KH Abdurrahman Wahid, pahlawan nasional KH Hasyim Asy'ari, tokoh intelektual Islam Nurcholis Madjid, serta budayawan Emha Ainun Najib dan seniman Cucuk Espe. Makanan khas kota Jombang yakni pecel pincuk dan soto dok. 



Pecel Pincuk Khas Jombang
Pecel pincuk bisa juga disebut dengan nasi pecel pada umumnya, makanan tersebut adalah salah satu makanan khas jawa yang harganya terjangkau, selain itu juga merupakan makanan sehat Indonesia, dilihat dari pembuatannya saja nasi pecel terdiri dari kacang-kacangan yang kaya akan vitamin E serta sayur-sayuran yang mengandung zat besi baik untuk pertumbuhan.


Soto Dok Khas Jombang

Dinamakan Soto Dok karena penjualnya melayani pembeli dengan cara yang unik yaitu setelah menuang kecap dari botol ke dalam mangkuk langsung meletakkan kembali botol kecap dengan cara yang keras seperti menggebrak atau membanting botol kecap ke meja hingga menimbuklan bunyi "DOK !" Pembeli pemula atau yang tak biasa tentu akan kaget dan mengira penjualnya kasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar